Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Agen Brilink Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Tanjungsari Cabang Pamanukan

Jurnal Ekonomi dan Bisnis Mifda
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Mifda
Vol. 7 No. 2, September 2018
Oleh: Euis Rukmini & Topik

ABSTRAK

Seiring dengan berkembangnya zaman yang modern dan teknologi yang semakin canggih. Perkembangan transaksi perbankan konvensional di Indonesia sedang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Salah satu bank di Indonesia melakukan inovasi meluncurkan sistem yang mempermudah masyarakat dalam pelayanan transaksi perbankan tanpa harus ke kantor (nirkantor) yaitu BRI.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh kualitas pelayanan agen BRIlink terhadap kepuasan nasabah, kualitas produk agen BRIlink terhadap kepuasan nasabah pada PT.Bank Rakyat Indonesia serta pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk secara simultan terhadap kepuasan nasabah PT.Bank Rakyat Indonesia (persero) tbk Unit Tanjungsari

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah bank penyimpan maupun peminjam di BRI Unit Tanjungsari Cabang Pamanukan sebanyak 14.150 orang. Sedangkan untuk sampel dengan menggunakan rumus slovin diperoleh hasil 89 responden. Sedangkan teknik yang digunakan indicencial sampling

Valiabel Kualitas Pelayanan (X1) mempunyai nilai t hitung 8.174 > t tabel 1.98498, sedangkan Sig (0.000) < 0.005 maka Ha diteima dan Ho ditolak kesimpulannya Kualiatas Pelayanan secara parsial berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah (Y). Kemudian variable kualitas produk (X2) mempunyai t hitung 8.929 > t tabel 1.98498, sedangkan Sig 0.000 < 0.005 maka Ha diterima dan Ho ditolak maka dapat disimpulkan Kualitas produk berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah (Y). Kemudian nilai F hitung 47.762 > F tabel 3.09 dengan nilai Sig 0.000 < 0.005 maka dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama (simultan) variable Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah. Dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0.499 atau 49.9% yang menunjukan bahwa Kepuasan Nasabah dipengaruhi sebesar 49.9% oleh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk sisanya sebesar 50.1% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti.