Analisis Penilaian Tingkat Kesehatan dengan Mengunakan Metode CAMEL pada PT. BPR Tutur Ganda Subang (Periode 2010 – 2012)

Jurnal Ekonomi dan Bisnis Mifda
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Mifda
Vol. 5 No. 1, April 2016
Oleh: Iyak Solihat

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan PT. BPR Tutur Ganda Subang dengan menggunakan metode CAMEL selama periode tahun 2010 – 2012. Apakah masuk dalam kategori sehat, cukup sehat, kurang sehat atau tidak sehat. CAMEL memiliki lima aspek, yaitu aspek Permodalan menggunakan rasio CAR (Capital Adequacy Ratio), aspek kualitas aktiva produktif menggunakan rasio KAP (Kualitas Aktiva Produktif) dan PPAP (Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif), aspek manajemen menggunakan perhitungan manajemen umum dan manajemen risiko, aspek rentabilitas menggunakan rasio ROA (Return On Assets) dan BOPO (Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional),dan aspek likuiditas menggunakan rasio Cash Ratio dan LDR (Loan to Deposit Ratio).

Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kuantitatif. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode CAMEL berdasarkan Surat Keputusan Direksi Bank Indonesia Nomor 30/12/KEP/DIR tanggal 30 April 1997 perihal Tata Cara Penilaian Tingkat Kesehatan BPR. Adapun tolak ukur untuk menentukan tingkat kesehatan suatu bank setelah dilakukan penilaian terhadap masing-masing variabel, yaitu dengan menentukan hasil penelitian yang digolongkan menjadi predikat kesehatan BPR. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara dan data sekunder yaitu laporan keuangan berupa neraca dan laporan laba rugi PT. BPR Tutur Ganda Subang periode tahun 2010 sampai tahun 2012.

Berdasarkan hasil penelitan yang telah dilakukan pada PT. BPR Tutur Ganda Subang periode tahun 2010 sampai tahun 2012. Menyatakan bahwa tingkat kesehatan PT. BPR Tutur Ganda Subang periode tahun 2010 sampai tahun 2012 mendapat predikat SEHAT karena nilai kredit CAMEL lebih dari 81 (batas minimum sehat). Pada tahun 2010 total nilai kredit faktor adalah 93, 99 pada tahun 2011 total nilai kredit faktor adalah 94, 18 dan pada tahun 2012 nilai kredit faktor adalah 94,18.

Kata kunci: Penilaian Tingkat Kesehatan, Metode CAMEL