Analisis Kelayakan Laporan Keuangan Calon Debitur Sebagai Usulan Persetujuan Kredit

Jurnal Ekonomi dan Bisnis Mifda
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Mifda
Vol. 5 No. 2, September 2016
Oleh: Bagus Margono

ABSTRAK

Bank sebagai salah satu lembaga di bidang jasa keuangan, selain berfungsi sebagai penampung dana masyarakat, juga berfungsi sebagai penyalur dana, dalam bentuk kredit yang diberikan kepada masyarakat atau badan usaha berupa pinjaman dana atau tambahan modal untuk kelancarannya usahanya. Dalam memberikan kredit pada calon debitur, bank harus berhati-hati agar kredit yang diberikan dapat dikembalikan tepat pada waktunya disertai dengan bunga pinjaman yang telah ditetapkan. Salah satu strategi untuk menyeleksi setiap permohonan kredit adalah dengan melakukan analisis laporan keuangan terhadap laporan keuangan perusahaan calon debitur untuk mengetahui keadaan keuangannya. Dengan penerapan analisis laporan keuangan ini, bank dapat memperoleh keyakinan apakah kredit yang diberikan akan dikembalikan tepat pada waktunya disertai bunga pinjaman, atau sebaliknya.

Dengan alasan diatas, penulis mengadakan penelitian yang dilakukan di PT. Bank Danamon Simpan Pinjam unit pamanukan, yang merupakan bank swasta. Objek penelitiannya adalah analisis kelayakan laporan keuangan calon debitur sebagai usulan persetujuan kredit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan analisis laporan keuangan perusahaan, untuk mengetahui keefektifan pemberian kredit, dan untuk menegtahui peranan analisis laporan keuangan perusahaan dalam menunjang efektivitas pemberian kredit.

Metodologi penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus, sedangkan untuk memperoleh data dilakukan penelitian lapangan berupa wawancara, observasi dan penelitian kepustakaan untuk membuktikan hipotesisnya.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, dapat di tarik kesimpulan bahwa proses analisis laporan keuangan sangat berperan dan juga bermanfaat dalam pengambilan keputusan pemberian kredit di PT. Bank Danamon Simpan Pinjam unit Pamanukan. Saran yang dapat penulis berikan adalah sebaiknya cara untuk menganalisis laporan keuangan itu menggunakan analisis rasio keuangan agar para manajemen kredit bisa lebih efektif dalam melakukan analisis laporan keuangannya.

Kata Kunci : kelayakan laporan keuangan, persetujuan kredit